Skip to main content

Jaga kesehatan pencernaan Anda dengan cara membiasakan pola makan yang baik dan gaya hidup sehat. Karena sebagian masalah pencernaan dapat mengarah ke masalah yang lebih serius.

Panduan ini tidak dimaksudkan sebagai pengganti informasi pada label produk. Selalu hubungi dokter jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran mengenai kesehatan pencernaan.


Sakit Maag dan Sakit Asam Lambung

Penyebab sakit maag sangatlah umum sehingga banyak orang mengalami gejala masalah pencernaan bagian atas dan sakit asam lambung. Perubahan pola makan dan gaya hidup serta tindakan pencegahan sakit maag dapat mengurangi atau mengatasi sakit maag.

Jika Anda memerlukan obat maag, tersedia berbagai jenis obat yang bebas dijual di pasaran. Namun sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi gejala yang lebih serius.


Perut Kembung

Masalah pencernaan lain yang umum adalah begah, perut terasa penuh dan sebah karena kembung. Penyebab timbulnya perut kembung adalah hal-hal yang umum, seperti menelan udara, mengonsumsi makanan dan minuman sehari-hari, lemah otot, merokok, mengunyah permen karet, dan bahkan mengenakan pakaian ketat. Terkadang Anda butuh obat untuk membantu membuang kelebihan gas yang memenuhi lambung dan usus Anda.


Diare

Ketika semua organ pencernaan bekerja dengan baik, sel-sel sepanjang usus halus menyerap nutrisi dan air dengan baik saat makanan dan cairan melewatinya. Diare timbul saat sel-sel yang teriritasi tidak mampu menyerap nutrisi dan air, atau saat makanan dan cairan terlalu cepat melewati usus.


Intolerasi Laktosa

Jika Anda mengalami sakit perut setelah mengonsumsi produk olahan susu, Anda mungkin menderita intoleransi laktosa. Permasalahannya dimulai saat tubuh Anda kurang mampu mencerna laktosa serta gula dalam produk olahan susu seperti susu, es krim, yoghurt dan keju. Laktosa yang tak tecerna dapat menyebabkan kembung, begah, diare dan masalah pencernaan lain.