Skip to main content

Anda tentu dapat merasakan bila lambung terisi terlalu banyak gas. Gas yang berlebih dapat mengakibatkan begah. Saat jumlah gas dalam lambung lebih banyak daripada biasanya, rasa penuh dan sebah dalam lambung serta usus Anda dapat mengakibatkan rasa sakit yang teramat sangat.

Tubuh Anda mengalami kesulitan untuk mengurangi kelebihan gas. Saat terlalu banyak gelembung gas terperangkap dalam lambung dan usus Anda, gelembung tersebut tak dapat pindah ke tempat lain.


Penyebab Perih Kembung

Banyak kegiatan sehari-hari yang dapat menyebabkan perut kembung. Itulah sebabnya, mengapa kembung merupakan masalah pencernaan yang sangat umum.

Selain merokok, kelemahan otot, mengunyah permen karet dan mengenakan pakaian ketat, ada dua penyebab utama gejala kembung.

Menelan terlalu banyak udara yang disebut juga "aerofagia", dapat menimbulkan gejala kembung karena terlalu banyaknya gas di dalam lambung.

Makanan kaya karbohidrat (gula kompleks) seperti kacang-kacangan, bekatul, brokoli, Brussel sprout, kembang kol, dan produk susu dapat mengakibatkan produksi gas berlebih saat bakteri baik memprosesnya secara kimiawi. Hasil dari proses alami ini adalah gas hidrogen, karbon dioksida dan –pada sepertiga penduduk dunia– metana.