Skip to main content

Makanan dan Sakit Maag

Asam lambung penyebab sakit maag sebenarnya dihasilkan setiap kali Anda makan atau minum. Ya, dalam keadaan normal, asam lambung tetap berada dalam lambung dan bertugas untuk mencerna makanan. Tetapi, makan terlalu banyak dan terburu-buru, atau menyantap makanan tertentu dapat menyebabkan gejala sakit maag dan sakit asam lambung.


Bagaimana Makanan Dapat Menyebabkan Sakit Maag

Beberapa makanan tertentu dapat menimbulkan gejala sakit maag karena:

  • Kadar Asamnya Tinggi
    Kadar asam yang tinggi dalam beberapa jenis makanan memberikan sinyal pada tubuh untuk menghasilkan asam lambung. Kelebihan asam tersebut dapat menimbulkan gejala sakit maag. Makanan dengan kadar asam yang tinggi --seperti jeruk dan jus jeruk serta tomat dan produk olahan tomat-- dapat menimbulkan gejala sakit maag.
  • Merangsang Produksi Asam Lambung
    Walaupun semua makanan menyebabkan diproduksinya asam lambung, beberapa jenis makanan dan minuman menjadi penyebab sakit asam lambung karena merangsang produksi asam lambung secara berlebihan. Penyebab nomor satu produksi asam lambung yang berlebih adalah makanan berlemak.
  • Melemahnya atau Mengendurnya Otot Sfingter Esofagus Bawah (LES)
    Beberapa jenis makanan dapat melemahkan kerja otot sfingter esofagus bawah (LES). Kelompok otot yang terletak di bagian bawah kerongkongan ini menjaga makanan dan asam lambung tetap berada dalam lambung. Makanan yang dapat melemahkan atau mengendurkan kerja otot ini antara lain cokelat dan minuman berkafein seperti kopi, teh dan cola. Minum minuman beralkohol, terutama jika berlebihan, juga dapat melemahkan kerja otot LES sehingga mengakibatkan gejala sakit maag dan sakit asam lambung.

Kebiasaan Makan yang Menyebabkan Sakit Maag

Yang perlu menjadi perhatian Anda bukan hanya jenis makanan tertentu saja. Tetapi bagaimana, kapan, dan sebanyak apa Anda makan juga perlu diperhatikan. Karena semua faktor itu dapat menyebabkan sakit maag.

  • Makan Sebelum Tidur
    Mengudap di malam hari juga dapat memicu sakit maag. Bahkan, memakan sedikit penganan dengan kadar asam rendah pun bisa tetap jadi masalah. Hal ini terjadi karena pengaruh gaya gravitasi dan posisi berbaring saat Anda tidur memungkinkan asam lambung masuk kembali ke kerongkongan.
  • Cara Makan yang Tidak Benar
    Makan terburu-buru tanpa mengunyahnya dengan sempurna juga dapat menyebabkan gejala sakit maag dan sakit asam lambung.

Stres dan Sakit Maag

Stres dapat menyebabkan sakit maag, baik secara langsung maupun tidak.

  • Mengubah Impuls-Impuls Saraf dan Hormon
    Kesehatan pencernaan tergantung pada fungsi impuls saraf dan sinyal hormon tubuh Anda. Sayangnya, stres dapat mengubah sinyal-sinyal ini. Akibatnya, Anda terserang sakit asam lambung dan masalah pencernaan lain seperti diare dan sakit perut.
  • Penyebab Tidak Langsung Sakit Maag
    Stres mengakibatkan sakit maag secara tidak langsung. Salah satunya dengan tindakan yang dilakukan pada saat-saat menegangkan, misalnya makan terburu-buru.
  • Stres juga dapat mendorong seseorang melakukan tindakan yang secara langsung menyebabkan gejala sakit maag. Anda bukan orang pertama, misalnya, yang mencoba mengurangi stres dengan minum-minum, merokok, atau makan makanan berlemak.