Skip to main content

Jika Anda mengalami GERD, berkonsultasilah dengan dokter untuk memilih cara pengobatan yang tepat bagi Anda.


Gejala GERD

Gastroesophageal reflux disease yang biasa disebut GERD atau naiknya asam lambung ke tenggorokan adalah suatu keadaan ketika cairan di lambung berbalik naik ke kerongkongan. Cairan tersebut dapat memicu peradangan dan mengiritasi lapisan dalam kerongkongan.

Gejala utamanya adalah nyeri pada ulu hati yang terus-menerus dan naiknya asam lambung ke kerongkongan. Tapi ada pula orang yang mengalami GERD tanpa merasakan nyeri di ulu hati; mereka mungkin merasakan sakit di dada, suara serak di pagi hari, atau kesulitan menelan. Mereka juga mungkin merasakan urat pada kerongkongan seolah ditarik, mirip saat tersedak makanan. GERD juga dapat menyebabkan batuk kering dan bau napas tak sedap. Hanya dokter yang dapat mendiagnosis GERD. Jika Anda merasakan kondisi seperti ini, segera hubungi dokter.


Meredakan dan Mengobati GERD

Asam lambung yang berlebihan di kerongkongan bisa menjadi masalah serius. Karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui kapan waktu yang tepat mencari obat sakit maag yang lebih manjur. Untunglah, sebagian besar orang dapat mengatasi gejala GERD dengan mengonsumsi obat yang direkomendasikan oleh dokter.